Minggu, 31 Maret 2013

Berkenalan dengan Angklung di Saung Mang Udjo

Readers.... Gimana long weekendnya kemarin? Selamat Paskah ya bagi merayakan :)
Kita mau mengulas tentang salah satu tempat wisata budaya yang namanya Saung Mang Udjo. Bagi teman - teman yang sudah follow twitter kita pasti sudah nggak asing lagi sama Saung Mang Udjo. Kita sempat membahas beberapa info tentang SAU (Saung Angklung Udjo). Nah, sekarang kita mau membahas secara lengkap nih!

Udjo Ngalagena dilahirkan sebagai putra keenam pada 5 Maret 1929. Sejak kecil ia sudah memperlihatkan bakatnya dalam dunia seni. Udjo mempelajari angklung dalam tangga nada dasar yaitu diatonik dan pentatonik. Akhirnya Udjo jadi jago memainkan berbagai alat musik, mulai dari musik tradisional, popular Indonesia, hingga musik Belanda. Udjo makin piawai dan jadi guru kesenian di sekolah - sekolah di Bandung. Untuk mempertajam keahliannya, ia belajar langsung dari maestro Sunda.

Udjo menikah dan dikaruniai 10 orang anak. Memang buah tidak jatuh jauh dari pohonnya, anak - anaknya juga tertarik dengan dunia musik terutama angklung. Mang Udjo wafat pada tahun 2001, sebelumnya ia sempat membuat SAU yang akhirnya diteruskan oleh anak - anaknya.

Saung Angklung Udjo (SAU) merupakan sebuah tujuan wisata budaya yang lengkap, karena SAU memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan workshop untuk alat musik bambu. Disamping itu, kehadiran SAU di Bandung menjadi lebih bermakna karena kepeduliannya untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda – khususnya Angklung – kepada masyarakat melalui sarana pendidikan dan pelatihan.
Sejak awal berdirinya SAU, tawa riang keceriaan, celoteh dan aktivitas ceria anak–anak selalu memenuhi setiap penjuru, sekaligus, menjadi jiwa dari tempat ini.

Mang Udjo mulai memproduksi angklungnya sendiri pada tahun 50an. Selama berdiri SAU sudah banyak mendapatkan penghargaan contohnya Piala Danamon Awards, penghargaan dari UNESCO, penghargaan MURI, dan banyak penghargaan lain yang membanggakan. Keren yah!

Gimana temen-temen tertarik nggak untuk berkunjung ke SAU? Selain menonton pertunjukan dari mereka kita bisa juga loh ikut mencoba alat musik angklung ini. Dan gak hanya mencoba untuk main angklung lho temen-temen, tapi kalian juga bisa belajar membuat angklung sendiri. Asik banget deh pokoknya, apalagi kalo dijadiin oleh-oleh nih, angklung ciri khas kalian sendiri.. Kurang spesial apa coba! Nah untuk kalian yang tertartik, SAU ini nggak jauh lho. Lokasinya di Bandung, jadi bagi kalian yang tinggal di Bandung atau yang suka jalan-jalan ke Bandung, ayo kunjungi SAUNG MANG UDJO!!

Selamat berekreasi! :-D

Source: www.angklung-udjo.co.id












Tidak ada komentar:

Posting Komentar