Senin, 01 April 2013

Aliran Musiknya Punk, Alat Musiknya Calung.

Halo readers! Sebelumnya kita membahas tentang Saung Mang Udjo. Masih inget kan? Saung di Bandung yang kalian bisa bikin angklung dan belajar main angklung itu sendiri lhooo, nah masih membahas topik budaya Sunda, kita beralih ke musik tradisional yang udah tercampur oleh budaya modern nih dan budaya modern itu adalah.... PUNK!

Bayangin deh, musik tradisional dijadiin gaya punk, kayak apa tuh. Yang pasti topik yang satu ini unik, kreatif, dan bakal bikin kalian wow banget deh. Langsung aja nih kita perkenalkan group yang bernama PUNKLUNG. Punklung ini, kalo kalian penonton TransTv pasti udah pernah melihat aksi mereka sebelumnya. 5 anak punk ini melestarikan alat musik calung dengan gaya mereka sendiri yaitu gaya metal punk rockers. Ini baru yang namanya alkuturasi budaya teman-teman, kombinasi antara budaya lama dan budaya modern. Jangan mau kita keasikan terbawa dengan budaya modern dan kita sendiri melupakan budaya kita yang sebenernya nggak kalah keren dari budaya zaman sekarang. Kalau kita terus mengembangi budaya-budaya kita, seperti apa yang dilakukan oleh Punklung, nama Indonesia pasti akan populer lagi dimata dunia!

Nah, membahas tentang Isu sosial dan politik budaya, PunkLung ini adalah sebuah group yang didirikan pada tahun 2000 dan lahir guna mempetahankan budaya lokal khususnya Jawa Barat. Alat musik yang dijadikan sebagai pilihan mereka adalah alat musik asal Jawa Barat yaitu Calung. Nah, bagi kalian yang kurang familiar atau nggak pernah dengar apa Calung itu, Calung biasanya sering dipake untuk acara Reog. Genre musik yang dipilih oleh Punklung bisa dilihat dari pakaian mereka, yaitu Punk Rock. Jadi Punklung ini memainkan musik punk rock dengan alat musik tradisional, Calung, dimana lyric mereka mengaspirasikan ketidak puasan terhadap pemerintah dan Calung itu sendiri bagi mereka adalah sebagai bentuk simbol perlawanan terhadap globalisasi.

Perkenalkan nih, para personil Punk Klung. Ada Iday, Dempak, Somad, Demok, Putih, dan ada Adi. Group ini punya misi yang sama dengan blog ini nih teman-teman, yaitu membangun kembali kebudayaan lokal dengan gaya yang nggak kuno.


Source: www.reverbnation.com, www.citizenmagz.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar